Database : Dasar


Baru-baru ini saya mencari ilmu tentang database..
yups, memang tidak asing dari indra pendengaran kita. Usut punya usut, database merupakan manajemen penyimpanan data. Mengapa perlu database? Database tentu akan membuat akses terhadap data dengan mudah, praktis dan efisien. Contohnya, temen-temen bisa liat di kasir toko-toko besar, mereka hanya membaca kode barang yang dibeli alat yang ada sinar lasernya (lupa namanya apa), dan Wusshsshs harganya muncul otomatis! MUNCUL OTOMATISS!!
Oke, sekarang serius..
Dasar dari database adalah Tabel. Tabel berisi record-record yang lazim disebut Kolom yang berisi data. Database terdiri dari sekumpulan tabel-tabel yang saling Ber-relasi membentuk jaringan tabel.
Contoh :
Terdapat dua tabel, yaitu Tabel_Transaksi dan Tabel_Barang, kedua tabel tersebut berelasi dimana Tabel_Transaksi memperoleh informasi barang (Kode, nama atau harga barang) dari Tabel_Barang.
Contoh tersebut adalah contoh sederhana dari pembuatan database, kenyataannya sebuah database dapat terdiri dari belasan, bahkan ratusan tabel.
Dengan tools seperti Microsoft Acces, kita dapat melakukan operasi-operasi tersebut, bahkan membuat interface (Antarmuka) yang menarik dan simpel antara pengguna dan database tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s