Bahaya Hasad dan Cara Memendamnya


Disadari atau tidak, Hasad terkadang muncul di hati kita. Apakah Hasad itu? Hasad adalah mengharapkan hilangnya nikmat yang Allah ta’ala berikan pada orang lain. Bahkan semata-mata membenci nikmat yang Allah ta’ala anugerahkan kepada orang lain bisa dikategorikan Hasad (Kitabul Ilmy Asy Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin).

Banyak akibat buruk yang diakibatkan dari perbuatan Hasad diantaranya merendahkan dan menolak kebenaran. Hasad-lah yang mengakibatkan kaum yahudi mengingkari kerasulan Muhammad shalallahu’alaihi wasallam karena takut tergesernya kedudukan mereka (Lihat  Al-Baqarah : 190). Hasad juga merupakan maksiat pertama di langit yang dilakukan Iblis kepada Allah ta’ala sehingga dia diusir dari rahmat Allah.

Memendam Benih-benih Hasad

Diantara hal-hal yang dapat mengobati penyakit ini adalah hendaknya kita menyadari bahwa takdir yang Allah ta’ala tetapkan pasti akan terjadi. Hendaknya kita juga menyadari bahwa pembagian Allah ta’ala adalah pembagian yang paling adil, Allah-lah yang Mahamemiliki, Dia memberi dan menahan pemberian kepada siapa yang Dia kehendaki.

Dikutip dari : Memadamkan Api Kedengkian – At Tauhid (Buletin Jum’at 13 Juli 2012)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s